Atap membrane merupakan jenis atap yang dapat Anda gunakan untuk gate parkir, atap lapangan, koridor, kanopi, tenda, carport dll. Penggunaan atap ini sangatlah mudah namun juga memiliki kualitas yang tidak main-main. Dengan kualitas atap membrane yang tinggi ini, menjadikan banyak orang menggunakannya pada berbagai tempat. Seperti contohnya stadion olahraga, kolam renang, carport, restoran, taman bermain, kafe, dan berbagai tempat lainnya. Atap membrane dikenal juga memiliki nilai estetik yang dapat dimanfaatkan. Dengan menggunakan atap ini, tempat akan menjadi lebih terlihat stylish. Penggunaan atap membrane untuk gate parkir juga akan sesuai.

Berikut Kelebihan Atap Membrane

Atap membrane dikenal memiliki kelebihan yang lebih unggul dibandingkan atap biasa. Bagaimana tidak, atap ini dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kualitas yang ditawarkan dalam ketahanannya pun cukup kuat. Dengan menggunakan atap membrane, kendaraan atau hal apapun yang ada dibawahnya dapat terlindung dengan maksimal. Perlindungan ini tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi Anda. Kendaraan seperti mobil tentu akan terlindung dari panas matahari yang menyengat ataupun guyuran hujan yang deras. Untuk selanjutnya, simak kelebihan atap membrane sebagai berikut:

1. Desain yang dapat disesuaikan

Bagi Anda yang menginginkan desain yang menarik pada gate parkir, atap membrane dapat menjadi solusinya. Atap membrane dapat Anda sesuaikan pemasangannya sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda. Dengan desain yang menarik, tentunya nilai estetika pada tempat tersebut tentunya juga dapat meningkat. Hal ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki usaha yang selalu dikunjungi oleh pelanggan. Dengan desain tempat yang menarik begitu pula pada gate parkir, tentunya pengunjung akan lebih tertarik untuk datang. Itulah mengapa atap membrane sangat direkomendasikan bagi Anda pemilik usaha.

2. Ketahanan yang maksimal

Atap membrane memiliki ketahanan yang maksimal dari segala jenis cuaca. Manfaat ini tentu dapat menguntungkan bagi Anda untuk melindungi kendaraan dibawahnya dalam jangka waktu yang lama. Ketahanan pada atap membrane dapat bervariasi sesuai dengan jenisnya. Dengan kualitas atap membrane yang bagus, ketahanan dapat mencapai 15 sampai 30 tahun lamanya. Inilah mengapa Anda perlu untuk menggunakan atap membrane sebagai perlindungan kendaraan dibawahnya. Anda tak perlu repot-repot mengganti atap yang rusak karena atap membrane dapat bertahan dengan jangka waktu sangat lama.

3. Mudah untuk diaplikasikan

Atap membrane dinilai sangat mudah dalam pengaplikasiannya. Tak seperti atap pada umumnya, atap membrane dapat  mudah dipasang walaupun kualitasnya juga tetap maksimal. Hal ini tentunya dapat menguntungkan bagi Anda karena tak perlu kesusahan dalam memasang atap untuk perlindungan kendaraan di bawahnya. Namun walaupun mudah, pemasangan juga tetap harus dilakukan dengan hati-hati agar menghindarkan atap membrane yang mengalami kerusakan. Dengan pemasangan yang tepat, tentunya manfaat yang maksimal dapat didapatkan. Karena beratnya yang cenderung ringan juga dapat mempermudah Anda dalam pemasangan.

4. Dapat menangkal sinar UV

Atap membrane memiliki kelebihan yang sangat luar biasa yaitu dapat menangkal paparan sinar UV. Paparan sinar UV tentunya dapat merugikan apabila terkena kontak langsung dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, atap membrane tentunya dapat menjadi solusi untuk melindungi kendaraan atau benda apapun yang ada di bawahnya. Panas matahari yang menyengat juga dapat dihindari dengan menggunakan atap membrane sebagai perlindungannya. Material yang jatuh dari langit juga dapat dicegah dengan penggunaan atap membrane. Ketahanan atap membrane ini tak perlu diragukan lagi.

5. Bersifat elastis

Atap membrane bersifat elastis sehingga sangat memungkinkan Anda untuk melakukan inovasi pada desainnya. Karena sifatnya yang elastis ini pula Anda juga dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Sifatnya yang elastis dan fleksibel inilah yang menjadikan banyak tempat menggunakan atap membrane. Dengan penggunaan atap membrane, segala suasana tempat dapat dengan mudah disesuaikan. Ke elastisan ini juga yang dapat menjadikan pemasangan atap membrane dapat dilakukan dengan mudah. Anda tak perlu khawatir, karena walaupun sifatnya yang elastis, atap membrane tetap memiliki daya tahan yang kuat.

Cara Pemasangan Atap Membrane

Cara pemasangan atap membrane adalah hal yang perlu diperhatikan. Karena apabila tidak dilakukan dengan tepat, maka fungsi atap membrane yang maksimal tidak dapat diperoleh. Diperlukan untuk memperhatikan setiap langkah pemasangan atap membrane agar perlindungan terhadap kendaraan atau benda-benda yang ada dibawahnya dapat optimal. Untuk selengkapnya Anda dapat menyimak mengenai beberapa cara pemasangan atap membrane sebagai berikut:

1. Persiapan dan pengecekan lokasi

Persiapan dan pengecekan lokasi perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana atap membrane akan dipasang. Persiapan yang dilakukan dapat meliputi peralatan untuk pemasangan, tenaga kerja, dan sarana lainnya yang tentunya diperlukan. Sedangkan pengecekan lokasi yang ingin dipasang atap membrane juga diperlukan untuk menentukan dan merancang struktur atap membrane yang diinginkan dan sesuai. Dengan langkah pertama ini akan menentukan lancarnya pemasangan atap membrane kemudian. Maka dari itu, rencanakan sebaik mungkin sebelum melakukan pemasangan.

2. Menentukan teknis pemasangan

Teknis pemasangan yang dimaksud adalah langkah atau teknis yang perlu dijalankan sehingga pemasangan atap membrane dapat berlangsung dengan lancar. Hal ini dapat meliputi koordinasi dengan pihak terkait atau tenaga kerja. Dengan penentuan teknis yang berjalan dengan baik, maka pemasangan atap membrane pun dapat menjadi maksimal dan tidak menimbulkan resiko kerusakan. Seperti yang dibahas sebelumnya, walaupun pemasangan atap membrane dapat dinilai mudah daripada pemasangan atap pada biasanya, namun juga diperlukan kehati-hatian dalam pemasangannya.

3. Pengelasan

Pengelasan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan mengingat sebagian besar atap membrane memerlukan kerangka besi untuk menopangnya. Pengelasan yang dilakukan tentunya harus sesuai dengan rancangan kerangka atap membrane yang ingin diaplikasikan. Dengan memperhatikan kerangka besi yang digunakan, maka hasil dari atap membrane pun dapat maksimal. Sebelum melakukan pengelasan juga diperlukan rancangan kerangka besi yang ingin dibuat terlebih dahulu untuk memudahkan. Tak hanya kerangka besi saja, untuk mengaplikasikan atap membrane juga diperlukan kabel sling yang juga cukup banyak.

4. Pemasangan membran

Usai kerangka besi selesai dirangkai, hal selanjutnya adalah melakukan pemasangan membrane itu sendiri. Pemasangan membrane harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Membrane akan dibentangkan dan ditarik pada segala sisi sehingga dapat terpasang dengan sempurna. Diperlukan keahlian agar saat pemasangan membrane tidak menyisakan ruang yang dapat beresiko terjadinya kebocoran. Langkah ini tentunya adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar manfaat dari membrane dapat maksimal. Pemasangan yang tidak tepat tentu dapat berakibat kebocoran yang tentunya sangat merugikan.

5. Pengecekan

Setelah membran terbentang dan dipasang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah dilakukannya pengecekan. Pengecekan perlu untuk diperhatikan agar dapat memeriksa apakah membrane terpasang dengan benar atau tidak. Pengecekan biasanya dilakukan pada kait-kait yang berfungsi menarik atau membentangkan membrane. Perlu dipastikan bahwa kait yang dipasang sudah sangat erat untuk menahan membrane agar tetap pada posisinya. Kait yang longgar atau tidak terpasang dengan baik akan menjadikan membrane juga tidak kencang. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran dan kerusakan.

Berikut Ciri-Ciri Atap Membrane yang Berkualitas

1. Mudah dirawat

Atap membrane yang berkualitas memiliki ciri-ciri yang mudah untuk dirawat. Contohnya apabila membrane yang Anda miliki terlihat kotor, Anda hanya perlu membilasnya dengan air saja atau dengan sedikit sabun. Jika noda pada membrane Anda cepat menghilang, maka hal tersebut dapat menAndakan bahwa kualitas atap membrane memang bagus. Perawatan yang mudah dilakukan ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Tak perlu susah-susah membersihkan dan memperbaiki atap membrane, karena atap membrane tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Tembus sinar matahari

Ciri lainnya yang menandakan bahwa atap membrane berkualitas adalah dapat tembus sinar matahari. Walaupun atap membrane dapat tembus sinar matahari, hal ini tidak menjadikan benda dibawahnya terkena sengatan matahari yang begitu panas. Atap membrane yang bagus dapat melindungi dari paparan cahaya matahari terutama sinar UV. Atap membrane yang terlihat tembus sinar matahari ini justru akan menjadikan membrane terlihat tanpak elegan. Akan sangat cocok tentunya untuk mempercantik desain pada suatu tempat.

3. Awet

Atap membrane yang berkualitas tentunya memiliki ciri-cirinya yang awet. Atap membrane yang bagus biasanya akan memiliki ketahanan hingga mencapai lebih dari 20 tahun. Jangka waktu yang sangat lama ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi pemiliknya karena tak perlu repot mengganti atap membrane dengan yang baru. Keawetan dari atap  membrane ini dapat Anda Andalkan sebagai pelindung dari segala cuaca. Itulah dia beberapa informasi mengenai atap membrane yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut dapat menjadi acuan Anda sebelum memilih untuk menggunakan atap membrane pada gate parkir. Memilih atap membrane tentunya diperlukan ketelitian agar manfaat yang diperoleh juga memuaskan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − 3 =

Call Now Button0811-3000-44
error: Content is protected !!