Istilah kanopi diadopsi dari nama bagian pohon ‘kanopi’ yang bentuknya daun rimbun sehingga mampu menaungi semua yang ada di bawahnya. Demikian pula dengan kanopi, secara umum kegunaan utamanya adalah supaya bisa menaungi orang dan benda yang ada di bawahnya. Canopy membrane menjadi salah satu jenis kanopi yang banyak digunakan. Berikut fungsi dan karakteristik unik yang dimiliki kanopi satu ini.

Fungsi Utama dari Canopy Membrane

Ada banyak sekali fungsi utama keberadaan kanopi dari membrane ini. Dengan beragamnya kelebihan yang diberikan, tidak mengherankan jika kanopi membrane ini semakin diminati oleh banyak orang. Alasannya pun cukup bervariasi. Ada yang menyukai kualitas bahannya, ada pula yang menyukai desainnya, dan lain-lain. Sebelum memilih menggunakan kanopi membrane, terlebih dahulu Anda perlu memahami fungsi kanopi sebagai berikut.

Menciptakan Suasana Teduh

Fungsi utama kanopi membrane ialah supaya bisa menciptakan suasana yang teduh bagi sekitar. Itulah mengapa, kanopi umumnya dibangun pada area yang banyak orangnya (pusat berkumpul)  yaitu supaya memudahkan aktivitas orang-orang ketika keadaan cuaca sedang tidak menentu.

Selain itu, kanopi yang terbuat dari membrane juga mampu menahan cahaya matahari dengan maksimal, sehingga keteduhan tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu lama. Kanopi ini umumnya ditempatkan pada selasar atau area berkumpul.

Menjaga Suhu Tetap Sejuk

Canopy membrane telah didesain secara khusus supaya mampu mempertahankan suhu sejuk di bawahnya. Kanopi dari membrane ini pun dilengkapi dengan bahan yang mampu menyerap serta menyimpan panas dengan baik.

Berkat desain khusus itulah suhu di sekitar kanopi akan terasa lebih sejuk. Tidak hanya itu, kanopi dari membrane dapat bertahan sekurang-kurangnya satu hari penuh di tengah paparan suhu tinggi sekalipun. Namun tetap saja ada batasan tertentu yang harus diperhatikan supaya membrane kanopi bisa lebih awet.

Sebagai Pelengkap Eksterior Bangunan

Selain mempertimbangkan fungsi utama kanopi, ada beberapa tempat yang memang sengaja menambahkan kanopi dari membrane hanya sebagai pelengkap eksterior. Dalam desain yang disusun oleh arsitek bangunan, biasanya tidak luput ditambahkan kanopi pada bagian beranda.

Eksterior bangunan yang berkanopi dengan yang tidak, akan tampak sekali perbedaannya. Eksterior yang berkanopi apalagi dari membrane akan tampak gagah, megah, serta mewah. Sementara itu eksterior tanpa kanopi akan tampak berupa selasar hampa.

Sebagai Pelindung

Bagi orang dan benda yang berada di bawah kanopi, keberadaan benda satu ini bukan saja untuk menaungi, tetapi juga melindungi. Kanopi dari membrane mempunyai daya kekuatan yang tinggi, sehingga sangat mampu melindungi orang dan benda di bawahnya secara total/

Yang paling utama, kanopi membrane mempunyai kapasitas untuk melindungi dari cuaca yang tidak menentu. Ketika hujan, kanopi yang dijadikan tempat berteduh ini akan melindungi orang-orang dari rintikan hujan. Sedangkan ketika cuaca sedang panas-panasnya, kanopi membrane akan melindungi dari serangan sinar matahari yang menusuk.

Menghemat Material

Canopy membrane dapat menjadi alternatif terbaik bagi pembangunan. Dari segi pembiayaan, penggunaan bahan membrane untuk kanopi akan lebih hemat material. Kanopi membrane pun bisa mengurangi biaya karena jumlah yang diperlukan untuk sebuah bangunan tidak harus banyak. Kanopi ini telah dilengkapi daya rentang sehingga bisa dilebarkan sesuai kapasitas.

Bahan yang sering digunakan sebagai material atap bangunan sangat bervariasi. Masing-masing bahan ini mempunyai plus minus yang berbeda. Demikian pula dengan membrane, bahan ini pun tidak luput dari kelemahan. Hanya saja jika mempertimbangkan kelebihannya tentu lebih direkomendasikan bahan membrane ini sebagai kanopi, alih-alih bahan lain.

Menambah Nilai Estetika

Di dunia modern kini, nilai estetika adalah salah satu pertimbangan utama dalam melakukan apapun. Apalagi pada pemilihan material bangunan, bahan yang diyakini dapat menambah estetika akan lebih dipertimbangkan.

Material membrane yang unik dari segi bentuk dan desain akan semakin menambah nilai estetika bangunan. Anda dapat memilih desainnya sesuai preferensi. Bentuk kanopi standar berupa limas pun tetap bisa menghadirkan tampilan unik nan cantik pada bangunan.

Menghasilkan Penerangan Alami

Membrane tergolong bahan yang dapat memantulkan cahaya. Hal ini memberikan keuntungan lebih jika dijadikan sebagai kanopi. Ketika siang hari, membrane akan menangkap dan memantulkan kembali cahaya sehingga membuat suasana sekitar terang.

Meskipun dan memantulkan cahaya, membrane kanopi ini tidak menyilaukan mata. Meskipun ada juga beberapa jenis membrane kanopi yang tampak ngejreng dalam merespon cahaya, kadarnya masih dalam batas aman dan tidak akan merusak indera penglihatan.

Menahan Gempa

Canopy membrane telah dilengkapi dengan material yang mampu menahan gempa. Sebagai salah satu wilayah yang cukup sering mengalami gempa, konstruksi bangunan-bangunan di Indonesia idealnya telah didesain supaya mampu menahan gempa.

Apalagi atap, sebagai posisi yang sangat urgent sangat penting memilih bahan dengan ketahanan tinggi seperti membrane. Kanopi yang terbuat dari membrane telah teruji mampu menahan gempa supaya tidak menimbulkan getaran yang dapat merobohkan atap.

Karakteristik Unik Canopy Membrane

Dengan banyaknya fungsi utama dari kanopi membrane, Anda bisa mendapatkan beragam keuntungan yang tidak diperoleh dari material kanopi lain. Kanopi membrane saat ini pun seolah menjadi promadona dalam hal material kanopi. Membrane semakin banyak digunakan baik pada selasar gedung bertingkat ataupun kanopi biasa. Berikut karakteristik unik kanopi dari membrane.

Tembus Cahaya

Canopy membrane adalah benda yang dapat menembus cahaya, meskipun bukan kaca. Sifatnya yang tembus cahaya ini pun memberikan keuntungan, karena membrane jadi menyumbangkan sinar terang ketika cuaca sedang tidak ada matahari.

Adapun sifat tembus cahaya ini sedikit tidak mengenakkan ketika cuaca sedang terik-teriknya. Sinar matahari yang diterima dari atas akan langsung diteruskan ke bawah, sehingga akan teras sedikit panas pada area di bawah kanopi.

Mempunyai Daya Tahan yang Tinggi

Membrane merupakan salah satu material yang telah teruji memiliki daya tinggi cukup tinggi. Material ini kuat, belum lagi spesifikasi yang didesainkan setiap perusahaan kepada membrane produksinya masing-masing, akan semakin menambah kualitas spesifikasinya.

Karena daya tahannya yang tinggi inilah, membrane banyak dipakai dalam ukuran yang sangat besar. Misalnya seperti di stadion sepak bola yang membutuhkan atap sangat luas dan kuat, kanopi dari membrane ini layak dicoba.

Desain Menarik dan Artistik

Desain kanopi dari membrane cukup unik dan kian menambah keartistikan bangunan. Ada sebab tertentu mengapa membran kian diminati, salah satunya karena alasan estetika. Memang tak bisa dipungkiri jika membrane memberikan nuansa artistik yang tidak biasa.

Meskipun hampir semua kanopi mempunyai desain yang seragam, ada beberapa karakteristik yang dimiliki kanopi dari membrane. Dari aspek bentuk saja, membrane memiliki beragam varian yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Tidak Harus Menggunakan Banyak Kerangka

Karakteristik unik lainnya canopy membrane yang cukup penting adalah, membrane ini tidak mengharuskan Anda untuk memakai banyak kerangka ketika proses pemasangan. Hal ini karena membrane dapat ditarik hingga beberapa jauh sehingga kerangka pada struktur material hanya dibutuhkan pada bagian utama saja.

Karena tidak menggunakan banyak kerangka, Anda pun bisa lebih menghemat material. Kanopi membrane juga memungkinkan pengurangan beberapa kerangka struktur yang menyusun bangunan, demi hasil lebih presisi.

Bersifat Lentur

Yang paling menarik dari membrane sebagai kanopi adalah sifatnya lentur. Kelenturan ini membuat membrane sebagai material paling fleksibel yang dapat dijadikan atap kanopi. Membrane ini dapat ditarik hingga jarak tertentu tergantung spesifikasi masing-masing variasi membrane.

Contoh nyata sifat fleksibilitas membrane sebagai kanopi dapat dilihat pada atap Masjid Agung di Jawa Tengah yang dapat membuka dan menutup pada momen-momen tertentu. Meskipun sering dioperasikan buka-tutup, tetapi membrane ini tidak rusak karena sifat lenturnya.

Bersifat Menyerap Panas

Beberapa jenis canopy membrane ternyata dapat menyerap panas. Inilah mengapa, pada jenis membrane tertentu tidak terasa panas ketika berteduh di bawahnya bahkan saat cuaca terik sekalipun

Beberapa material membrane memantulkan cahaya, tetapi menyerap panas. Oleh karena itu, sangat tepat dijadikan bahan kanopi yang fungsi utamanya untuk menaungi objek di bawahnya. Perawatan membrane ini pun tergolong mudah, dan tidak harus diberi perlakuan khusus supaya bertahan lama.

Tahan Air dan Panas

Pada hakikatnya bahan untuk material atap harus memiliki ketahanan yang lebih terhadap air dan panas. Meskipun bukan penghantar panas ataupun peredam panas yang baik, membrane dapat menahan panas supaya tidak diteruskan kepada bagian atap lain.

Adapun membrane sebagai material kanopi mampu tahan dari guyuran air hujan untuk jangka waktu yang cukup lama. Material ini juga cukup mudah mengalirkan air hujan supaya bisa langsung terjatuh ke tanah tanpa ditampung lebih dulu di atap. Itulah fungsi dan karakteristik unik pada canopy membrane. Kanopi merupakan bagian bangunan yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk berteduh ataupun beristirahat sejenak. Dengan menggunakan bahan membrane yang telah teruji daya kuat dan daya tahannya, kanopi akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, kanopi yang terbuat dari membrane pun cenderung memiliki nilai estetika lebih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 5 =

Call Now Button0811-3000-44
error: Content is protected !!