Carport merupakan tempat penyimpanan mobil atau yang biasa kita kenal dengan istilah garasi. Perbedaan carport dan garasi adalah carport cenderung berada di lokasi yang terbuka sehingga cuaca seperti angin, hujan, dan panas bisa mengenai kendaraan secara langsung. Karena hal tersebut, kini carpot di desain sedemikian rupa agar terhindar dari berbagai cuaca, salah satunya adalah dengan menggunakan carport membrane yaitu carport yang dibuat dari tenda membrane. Untuk Anda yang berminat menggunakannya, ada beberapa konstruksi yang bagus dan direkomendasikan.

Mengetahui Konstruksi untuk Carport Membrane yang Bagus

Saat ini, membuat carport dari membrane memang cukup digemari karena berbagai keuntungan yang diberikan. Selain itu carport dari membrane memiliki desain yang unik dan estetik sehingga dapat menambah keindahan bangunan Anda. Carport biasanya dibangun untuk kantor, perumahan, gedung, dan lain-lain. Dalam membangun carport membrane Anda tetap harus memperhatikan konstruksi yang digunakan. Dengan konstruksi yang bagus maka carport Anda akan lebih tahan lama dan kokoh melindungi kendaraan dari berbagai cuaca. Berikut ini konstruksi carport dari membrane yang bagus :

 Desain atap harus sesuai dengan bangunan

Desain konstruksi harus sesuai dengan bangunan agar selaras jika dilihat. Bentuk tiangnya melengkung dengan pipa bending dan lurus, plat pengaku juga harus melengkung. Kain membrane yang digunakan harus cukup untuk menutupi semua area carport.

Struktur pondasi menggunakan dua tiang dengan dasar yang berbeda. Menggunakan pondasi cakar ayam sangat disarankan agar tensil membrane lebih kuat dan tahan oleh tarikan. Beban rangka hanya menggunakan dynabolt dan plat saja jika lantai carport sudah dicor. Jangan lupa memperhatikan shop drawing dan gambar fabrikasi untuk mengetahui spesifikasi plat dan besi yang digunakan sehingga bisa diperhitungkan kekuatannya.

Pondasi yang kokoh

Pondasi baiknya ditempatkan pada galian sedalam 60 centimeter dengan tapak yang memiliki ukuran 50×50 centimeter. Rangkaian besi cakar ayam menggunakan besi 13 ulir dan angkur untuk menyematkan pada plat baja dengan ukuran 10 milimeter. Tiang dibuat dengan ukuran besi 3” agar kuat dan kokoh.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan sling dan pengait membrane, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kekuatan dan daya tahan dari carport membrane. Sling yang terlalu kecil akan mudah memuai jika terkena sinar matahari sehingga rawan putus. Sling yang bagus digunakan memiliki ketebalan minimal 10 milimeter. Sedangkan penopang dan pengikat membrane menggunakan besi 2,5”. As-drat yang digunakan memiliki ukuran 12 hingga 14 milimeter agar koneksi bahan membrane dengan besi konstruksinya terkait dengan bagus sehingga tidak mudah kendur.

Itulah informasi mengenai konstruksi untuk carport membrane yang bagus untuk digunakan. Konstruksi sangat berperan penting pada ketahanan dan kekuatan membrane terhadap cuaca, mengingat carport terletak di lokasi outdoor. Perhatikan dengan baik konstruksi agar carport Anda bisa bertahan lama.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =

Call Now Button0811-3000-44
error: Content is protected !!